Sabtu, 01 April 2017

15 Fakta Menarik tentang Bob Marley, Kamu Pecinta Musik Reggae Wajib Tahu!

bob marley singing
Semua pecinta musik reggae pasti tahu siapa itu Bob Marley. Yap, dialah legenda! Lagu-lagunya udah banyak menginspirasi musisi dunia dari era-nya dulu hingga sekarang. Bahkan Bob Marley juga dinobatkan sebagai musisi paling berpengaruh di abad 20 oleh harian “Times” asal New York. Kalo aja dia masih hidup, mungkin tepat 6 Februari nanti umurnya sudah 70 tahun. Yah, seperti yang udah sobat ABe ketahui kalo Bob Marley udah meninggal pas tahun 1981 karena komplikasi penyakit kanker yang dideritanya.
Oh iya, kehidupan Bob Marley juga nggak kalah menarik dari lagunya, loh! Ini dia fakta-fakta tentang Bob Marley, pecinta musik reggae wajib tahu!
1. Kelahiran Bob Marley sempet jadi gunjingan orang karena perbedaan status kedua orangtuanya. Ayahnya (Kapten Norval Sinclair Marley) seorang pejabat yang cukup disegani di pemerintah Inggris dan berkulit putih, sementara Ibunya (Candella) adalah orang pribumi yang berkulit hitam.
2. Banyak saksi mata yang melihat meteor jatuh disaat kelahiran Bob Marley, dan menurut keyakinan orang setempat itu berarti akan ada tokoh besar yang lahir pada hari itu.
3. Terlahir dengan nama Nesta Robert Marley, namun karena “Nesta” ini terdengar seperti nama perempuan, nama “Robert” pun bergeser menjadi nama pertamanya.
4. Bob Marley punya kemampuan membaca garis tangan dan memprediksi masa depan seseorang. Ya inilah yang membuat banyak orang salah persepsi dengan mengatakan Bob adalah “nabi”.
5. Pas usia 14 tahun, Bob Marley memilih keluar dari sekolah dan belajar mengelas sambil belajar bermusik sama bestfriendnya, Bunny Wailer dan Joe Higgs.
6. Membentuk TheTeeneger di tahun ’62 yang memainkan musik skarocksteady. The Teeneger inilah cikal bakal dari The Wailers, grup yang populernya masih sampai sekarang.
7. Bob Marley dan istrinya (Rita) adalah penganut Rastafari (ada yang bilang rastafarianisme, tapi itu akannyinggung kaum rasta, jadi janganJ), suatu kepercayaan yang lahir di Jamaika, beberapa orang lebih suka nyebut Rastafari sebagai way of life.
8. Bob Marley punya rambut gimbal untuk menghormati Jah-nya (Tuhannya). Dalam Rastafari, rambut gimbal tak terurus adalah simbol dari Lion of Judah alias kekuatan Haile Selassie 1.
9. Kayak Rastafari pada umumnya, Bob Marley seorang vegetarian.
10. Bob Marley punya 9 anak dari 7 wanita yang berbeda secara biologis, selain itu dia juga pernah mengadopsi dua orang anak.
11. 7 dari 9 anak Bob Marley berprofesi sebagai penyanyi, yaitu : Sharon, Cedella, Ziggy, Stephen, Julian, Ky-Mani, dan Damian.
12. Banyak orang yang ngaku anaknya Bob Marley, bahkan ada yang memperkirakan kalo Bob punya 20 orang anak.
13. Salah satu yang identik dari Bob Marley adalah ganja, dan karena ganja juga Bob Marley bisa masuk penjara selama sebulan.
14. Tahun ’77, Bob Marley menemukan sebuah luka di jempol kakinya, dan luka itulah yang menjadi penyebab kematian Bob Marley. Dokter kala itu mendiagnosa Bob terkena kanker kulit dan menyarankan dia buat ngamputasi kakinya tapi Bob menolak karena nggak diperbolehinsamaagamanya.
15. Di ruang bawah tanah MIlem St. Ann Parish Jamaika Bob Marley dikubur bersama gitar les paul, bola sepak, kitab Rastafari, dan sebungkus ganja.
Yah, itu dia fakta-fakta tentang Bob Marley yang patut diketahuin sobat ABe khususnya pecinta musik reggae. Semoga bermanfaat buat sobat ABe yang membaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

coretan adika

6 Fakta Anak Kedua dari Tiga Bersaudara

Kalau Kamu Anak Kedua dari Tiga Bersaudara, 6 Fakta Ini Pasti Akrab Denganmu Dibandingkan anak sulung atau anak bungsu, anak kedua dari...